cara membuat sensor air lengkap


Bagi teman-teman yang mencari contoh rangkaian sensor air, berikut ini barizi akan bagikan contoh rangkaian sensor air sederhana namun memiliki kinerja yang efektif jika kita gunakan.
Rangkaian sensor air ini hanya memamfaatkan transistor sebagai saklar otomatis dalam prinsip kerjanya. Sebelum kita mulai lebih jauh lagi, ada baiknya jika kita terlebih dahulu mengumpulkan komponen elektronika untuk membuat rangkaian sensor air.
Dunia Elektronika butuh Rangkaian Sensor Air Sederhana. Adapun komponen yang kita butuhkan antara lain sebagai berikut:
  1. Transistor 2N2222A
  2. Relay 5 Volt atau yang 12 Volt
  3. Resistor 1kOhm atau 100kOhm
  4. Buzzer/Speaker
  5. Kawat 2 Buah

Untuk contoh rangkaian sensor air ini adalah sebagai berikut:

Gambar Rangkaian Sensor Air

Sedikit penjelasan mengenai Prinsip Kerja Rangkaian Sensor Air diatas adalah sebagai berikut:
Fungsi utama rangkaian sensor air tersebut adalah untuk memberitahukan kita ketika permukaan air telah meninggi atau jika kita gunakan dalam bak air maka rangkaian sensor tersebut dapat memberitahukan kita jika bak air telah penuh.
Ketika permukaan air menyentuh ujung-ujung kedua kawat, maka arus listrik dari baterai akan mengalir dan mengaktifkan saklar otomatis. Saklar otomatis tersebut juga akan mengaktifkan relay sehingga Buzzer akan menyala dan memberitahukan pengguna jika Bak air telah penuh.


Bagi anda yang tinggal di tempat yang rawan banjir, Rangkaian sensor air tersebut dapat kita gunakan juga untuk memberitahukan kita jika permukaan air telah meninggi. Hal tersebut pernah saya alami ketika rumah saya kebanjiran dan air telah menggenangi sebagian kamar saya.
Untuk itu, kita dapat meletakkannya pada tempat yang memungkinkan untuk memprediksi bencana banjir di rumah kita sendiri. Sehingga kita dapat mengantisipasi sebelum banjir benar-benar merugikan kita.


0 komentar:

Posting Komentar

Blogger templates

Blogger news

">

About

Powered By Blogger